Jumat, 13 Agustus 2010

PUASA HANYA UNTUK PARA PENCINTA SANG PENCIPTA

Hai orang-orang yang beriman,diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS. Al Baqarah : 183)

Puasa yang dalam bahasa Arab disebut shoum mempunyai arti menahan,yaitu menahan diri dan berpantang dari apa saja. Menurut Syara' berarti menahan diri dari segala yang membatalkan puasa sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat khusus.

Dalam keseharian kita terbiasa makan 3 kali sehari ditambah minum dan makanan kecil yang bertujuan untuk bekal energi melakukan berbagai aktivitas. Sebagai manusia kita juga mempunyai berbagai nafsu yang bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Ketika berpuasa kita harus menahan semua itu dari terbit fajar hingga matahari terbenam.

Untuk menahan diri dari perkara-perkara yang mengurangi atau bahkan membatalkan puasa,bukan hal yang mudah.

Bahkan kita pun pernah mencari-cari alasan pembenaran untuk tidak berpuasa. Sakit sedikit saja sudah merasa tidak kuat untuk berpuasa. Bepergian jauh meskipun ditempuh hanya beberapa jam dengan naik pesawat serta tidak merasa lelah dan gerah sedikitpun karena senantiasa berada di dalam kendaraan dan ruangan ber-AC juga pernah menjadi alasan kita untuk tidak berpuasa. Atau alasan karena kita seorang pekerja berat yang jika berpuasa tidak akan kuat bekerja.

Allah tentu 'tahu banget' tabiat manusia yang notabene adalah makhluk ciptaan-Nya yang 'tidak begitu suka disuruh bersusah-susah' seperti berpuasa. Untuk itu Allah mewajibkan puasa hanya untuk orang-orang yang beriman yang berpuasa tanpa merasa berat atau terpaksa, sekedar untuk memenuhi kewajiban.

Orang-orang yang beriman tentu orang-orang yang sangat mencintai Allah 'Sang Pencipta'. Mereka berpuasa karena mereka menyadari puasa bukan sekedar kewajiban manusia atas Tuhannya, puasa bukan untuk Allah. Tapi untuk kepentingan diri kita sendiri karena Allah adalah Dzat yang tidak memerlukan apapun dari makhluknya.

Mereka memahami bahwa puasa adalah salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita untuk berproses supaya menjadi orang-orang yang bertakwa yang selalu berbuat kebaikan di muka bumi ini,memberi manfaat bagi siapa pun serta mampu mengendalikan diri untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak diridloi Allah.

Semoga kita termasuk orang-orang beriman yang mencintai Sang Pencipta. Semoga puasa kita dapat menjadikan kita menjadi orang yang bertakwa.

Selamat menunaikan ibadah puasa Romadlon 1431 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar