Rabu, 18 Agustus 2010

SEBUAH RENUNGAN DI HARI KEMERDEKAAN

Apakah negeri ini butuh dijajah lagi?

Saat dijajah, semua penduduk negeri bahu membahu bersama penduduklain, saling melindungi dar berbagai macam bahaya, berjuang dengantekad yang bulat untuk sebuah cita2: Kehidupan bebas yang lebih baik.

Apakah negeri ini butuh dijajah lagi??

Saat dijajah, yang kaya merelakan harta benda mereka, berjuangdengan sepenuh hati. Si kuat berjuang membela saudara yang lemah, dansi pandai dengan senang hati membagi ilmu mereka, agar masyarakatmenjadi cerdas.

Apakah negeri ini butuh dijajah lagi?

Saat dijajah, orang2 negeri ini benar2 menunjukkan determinasi yangtinggi meskipun dihimpit oleh keterbatasan, menyelesaikan masalah yangpaling pelik sekalipun dengan kepala dingin, menghargai sesama,bergotong royong, tidak individualistis.

Di kala "merdeka", si kaya menjadi begitu kikir, mengeksploitasi simiskin. Si kuat menindas yang lemah. Si pandai membodohi orang lain.

Di kala "merdeka", masalah sepele saja berujung ribut2, situasi serba pelik.

Di kala "merdeka", penjajahan pun dilakukan oleh orang yang dulu terjajah.

Di kala "merdeka", negeri ini malah dirusak oleh penghuninya sendiri, oleh bermacam macam ketololan dan ketidak pedulian.

Di kala "merdeka",si bodoh pun berlagak pintar, sehingga membuat orang lain tersenyum kecut dan tertawa ironis.

Daendels, JP Coen, van Mook....Bangkitlah dari kubur, agar orang2sekliber Soekarno, Hatta, Nasution, dan jenius jenius baik hati dijaman dahulu juga bangkit dan mengajari penduduk negeri ini,bagaimanakah keadilan sosial itu, bagaimana caranya bermusyawarah yangbaik, bagaimana seharusnya ilmu itu diterapkan, dan bagaimana agarorang2 yang kurang berilmu itu tahu diri, agar tidak menganggap dirinyaberilmu tinggi sehingga mampu berbuat sesuka hati mereka.

Mungkin, ada baiknya jika negeri ini butuh dijajah lagi...

*Hanya renungan anak kampung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar