Sabtu, 20 Maret 2010

HIDUP INI BUKAN BASA BASI

Hidup adalah perjuangan, itu kata-kata orang bijak. Kalau tidak mau berjuang maka janganlah hidup. Maka untuk hidup berjuanglah. Tak perlu menyerah.

Tulisan ini terilhami oleh seorang teman yang pada suatu hari tiba-tiba bertemu saya disuatu tempat ketika sudah belasan tahun tidak bertemu. Ketika bertemu antara saya dan dia sama-sama pangling. Sama-sama seperti kenal atau mungkin tidak kenal. Padahal kami dulu sama SD, SMP dan SMA, tetapi setelah itu kami berpisah dan baru bertemu kembali beberapa hari ini. Setelah lama-lama tidak menyapa karena keraguan yang teramat sangat. Kemudian saya memberanikan diri untuk menyapanya. Dan ternyata dia nampaknya seperti itu juga. Dan larutlah kami bernostalgia.

Satu hal yang tidak habis pikir adalah terkadang dia itu berbicara tidak focus pada apa yang kami bicarakan. Dia lebih banyak menanalisa sesuatu dengan fikiran yang negative. Semuanya tidak benar, semua tidak betul dan sebaginya dan sebagainya. Dan semuanya pesimis.

Sebagai seorang sahabat saya bertanya berterus terang kepada sahabat saya ini. Kenapa kamu tidak seperti dulu lagi yang tidak seperti ini. Saya tidak pernah menemukan lagi kamu sebagaimana yang saya kenal dulu. Yang pantang menyerah yang optimis yang kreatif dan yang tidak pernah diam.

Lalu teman saya bercerilah tentang kondisi dia saat ini. Dia membanding-bandingkan saya dengannya. Katanya saya ini orang hebat orang sukses dan lain-lain sebagainya. Dia hanyalah pecundang. Tidak berguna apa-apa.

Ternyata selama ini telah dipasung oleh sesuatu yang dilarang oleh agama dan negara. Dia telah terbius oleh kebiasaan semu orang-orang metropolitan. Sekian belas tahun tidak bertemu akhirnya itu yang terjadi pada sahabat saya ini.

Kembali saya berpikir, kenapa selevel dia yang saya kenal hebat dulu bisa menjadi budak narkoba. Dia termasuk alim dibandingkan dengan teman-teman saya yang lainnya. Ternyata narkoba dapat menghancurkan hidup semua orang. Tak peduli siapa orangnya. Sehebat apapun dia. Bila kita lupa, maka kita juga akan dipengaruhinya.

Kepada generasi muda. Jauhilah Narkoba. Karena hidup ini memang bukan basa-basi..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar