Senin, 21 Juni 2010

PEREMPUAN (DARI SUDUT PANDANG COWOK KAMPUNG)

Memang tidak bakal habis kalo kita membahas tentang mahkluk yang diciptakan Tuhan ini, aku bilang mereka adalah ‘si bungsu’ (mungkinkah karena itu mereka mempunyai sifat natural : manja, selalu pengen diperhatikan, suka ‘rewel’, dll). Dari pengamatanku, lebih sering dan lebih banyak kaum adam (laki-laki) yang suka khilaf. Lupa berdoa, suka melanggar perintah Allah, oleh karenanya lebih banyak penjara untuk laki-laki daripada untuk wanita (padahal jumlah penduduk dunia sebagian besar wanita).

Lanjut......
dari jaman pra sejarah sampe abad 21, dari jaman batu sampe jaman facebook, perempuan selalu menjadi pusat perhatian, mencatatkan dirinya dalam buku sejarah dunia. Contoh aja, siapa yang jadi pemicu perang Troya...? Yang jadi sebab perang antara Ken Arok dengan Tunggul Ametung...? Hingga yang mencegah pembantaian bangsa Yahudi saat pemerintahan Ahasyweros. Jawabannya… PEREMPUAN : Helen, Ken Dedes, Ester. Pernah juga, waktu SMA, ada guruku tanya gini, “apa persamaan rompi anti peluru, printer laser, tangga darurat dan wiper mobil..?” Jawabannya: semua ditemukan oleh perempuan.,.!!!

Tanpa mengesampingkan peran laki-laki, perempuan memang diciptakan istimewa oleh Allah. Ada cerita, pada saat akan menciptakan perempuan, Allah merenung sejenak, dan kemudian DIA mengambil lingkaran bulan purnama, kelenturan ranting pohon anggur, goyang rumput yang tertiup angin, mekarnya bunga, kelangsingan dari buluh galah, sinar dari matahari, tetes embun dan tiupan angin. DIA juga mengambil rasa takut dari kelinci dan rasa sombong dari merak, kelembutan dari dada burung dan kekerasan dari intan, rasa manis dari madu dan kekejaman dari harimau, panas dari api dan dingin dari salju, keaktifan bicara dari burung prenjak dan nyanyian dari burung bul-bul, kepalsuan dari burung bangau dan kesetiaan dari induk singa.
Bisa disimpulkan perempuan diciptakan dari semua keunikan ciptaan Allah.
Bahkan aku pernah dengar, ada joke tentang riwayat penciptaan....
Setelah Allah selesai menciptakan laki-laki, DIA mundur perlahan, mengamat-amati sejenak, kemudian bergumam, “Aku bisa membuat yang lebih indah dari yang satu ini”. (yang laki-laki jangan tersinggung ^-^)

Tapi, dewasa ini kebanyakan perempuan banyak yang menyalahgunakan keunikan mereka, tidak menyadari akan kekuatan dari dalam diri mereka. Tidak dipungkiri, tiap wanita mempunyai pesonanya masing-masing hingga kekuatan untuk dapat mengatasi beban bagi tiap laki-laki. Tetapi, berapa banyak sih perempuan yang bisa menggunakan kemampuan ini dengan baik..? Sesuai dengan namanya juga PEREMPUAN (Puan artinya Yang Dihormati), tapi berapa banyak sih ‘perempuan terhormat’ di jaman ini..? Yang aku lebih sering liat, banyak perempuan kurang mengerti betapa anggun dan berharganya diri mereka di dunia ini, sehingga tidak jarang banyak perempuan menilai dirinya terlalu rendah. Akibatnya..? Banyak lelaki kemudian melecehkannya, memandang rendah, hingga menganggap ‘enggak penting’.

Salah besar kalau sebagai perempuan, menganggap diriimu mahkluk nomor 2 setelah laki-laki. Ada beberapa nilai-nilai yang membuktikan perempuan mempunyai kelebihan dibanding laki-laki. Perempuan mampu tersenyum saat hatinya menjerit (bukan berarti munafik), perempuan juga mampu menyanyi saat menangis, menangis saat melihat hal bahagia atau saat sedang terharu, terharu saat tertawa, bahkan tertawa saat ketakutan. Mereka juga mampu menahan sakit berkali-kali lipat daripada laki-laki, mampu berkorban demi orang-orang yang dicintainya, CINTANYA TANPA SYARAT. Banyak lagu, puisi, syair yang tercipta untuk perempuan, tapi aku rasa tidak cukup untuk menggambarkan siapa mereka.

Perempuan, begitu berharga. Ciptaan terindah. ditentukan untuk begitu dicintai, dikagumi, dilindungi, dikasihi, diperhatikan, diayomi, disayangi, (silahkan tambahkan sendiri).
Kalian ditentukan untuk diperlakukan bak sang ratu setiap hari. Sadarilah itu, lihat kembali dirimu, Allah menciptakan engkau unik. HARGAILAH ITU dengan menggunakan setiap keunikan dalam dirimu, tetapi jangan memanfaatkan keunikan itu untuk hal-hal yang tidak berkenan di hadapanNya. Engkau diciptakan sebagai penolong yang sepadan untuk sesamamu, untuk teman, sahabat, dan pasangan jiwamu. Ingat juga, kodrat perempuan juga untuk mendampingi, bukan sebagai kepala atas laki-laki (itulah makna mengapa Allah menciptakan perempuan dari tulang rusuk, bukan dari tulang kepala atau tulang kaki).

Buat laki-laki, engkau diciptakan untuk melindungi, menyayangi mereka. Bukan memanfaatkan mereka. Ingat, anda para lelaki, adalah ‘anak sulung’ yang seharusnya melindungi ‘adik’ anda. Dan, tanpa perempuan tidak ada laki-laki yang terlahir ke dunia....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar